Rabu, 08 Oktober 2008

Lotte Ambil Alih Makro Indonesia


Akhirnya terjawab sudah teka-teki,"Siapa yang akan membeli saham Makro Indonesia"
sempat terdengar Issue2... Mau dibeli oleh, Carrefour, Wal*Mart, Tesco, Wings Group, dll
ternyata Lotte...



Lotte sendiri adalah perusahaan Jepang, yang berkantor pusat di 20-1, Nishi-shinjuku 3-chome, Shinjuku-ku, Tokyo 160-0023, dan bergerak di bidang Manufacture dan sale of confectionary.
Di Indonesia Lotte berdiri tahun 1993, dan mengambil market Chewing Gum & Candy.
Lotte sudah berdiri selama 60 tahun selain sales and manufacture, usaha lain adalah hotel & Restaurant (besar di Korea).
Dengan pengambilalihan Saham Makro Indonesia, ini berarti Lotte ingin menunjukkan gejala yang serius untuk merambah dunia Ritel dan berdiri di Indonesia, bukan dimulai dari negara asalnya Jepang.



Kutipan dari Detik.com

Jakarta - Lotte Group akhirnya mengambil PT Makro Indonesia dari tangan perusahaan Belanda SHV Holdings N.V. Lotte Group membeli seluruh saham Makro setelah proses seleksi oleh SHV."Mereka telah menunjukkan keinginan dan kemampuan untuk membawa bisnis ini ke arah yang lebih baik serta memiliki kesungguhan dan minat jangka panjang untuk berkecimpung dalam pasar ritel di Indonesia," kata Joost van Klink, jurubicara SHV dalam siaran pers, Selasa (7/10/2008).Sesuai dengan syarat-syarat yang tercantum dalam perjanjian ini, Lotte Group akan mengambil alih gedung, tanah, kontrak sewa, karyawan dan inventaris Makro Indonesia sebagai satu paket yang menyeluruh. "Lotte Group akan mengambil alih Makro Indonesia sebagai bisnis yang masih memiliki usaha yang berjalan dengan baik, dan oleh karenanya, bisnis berjalan seperti biasa. Ke-19 gerai kami akan tetap buka dari jam 07.00 – 22.00 setiap hari," kata Presiden Direktur Makro Indonesia Kuswanto Gunadi,Dalam beberapa bulan ke depan, Makro Indonesia dan Lotte Group akan memastikan bahwa proses transisi berjalan dengan lancar dan efisien sehingga mengurangi hambatan yang mungkin dialami oleh para karyawan, pelanggan dan pemasok.Lotte Group merupakan kelompok usaha yang bergerak dalam berbagai bidang usaha dan merupakan yang terbesar kelima di Korea. Lotte Group memiliki 45 perusahaan afiliasi dengan total aset mencapai 31 miliar euro dan pendapatan bersih sebesar 23 miliar euro pada tahun 2007. Lotte Group bergerak di berbagai jenis kegiatan bisnis seperti makanan dan minuman, distribusi ritel, petrokimia, konstruksi dan keuangan.Penandatangan Sales and Purchase Agreement (SPA) dilakukan hari ini pukul 09.00 WIB. (ddn/ir)

Foto : Detik.com

Tidak ada komentar: