Rabu, 21 Januari 2009

Bisnis Minimarket yang semakin menjamur

Dari beberapa sumber yang saya dapatkan ternyata memang keadaan krisis di tahun ini tidak membuat Group Retail, terutama group retail minimarmet menjadi gentar. Bisa dikatakan bahwa krisis seperti nya imun dalam bisnis ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan rencana Group SAT (Sumber Alfaria Trijaya) à Alfamart yang akan membuka 400 gerai pada tahun ini, dan Group Indomarco Pristama à Indomaret yang akan membuka 900an gerai di pulau Jawa dan Sumatra.

Ke-Optimis-an dari retail minimarket ini bisa disebabkan karena masalah krisis itu sendiri, karena ini berarti bahwa, banyak konsumen khususnya para pelaku rumah tangga (Ibu Rumah Tangga) sudah mulai mengalihkan kebiasaan belanja nya ke minimarket. Hal ini tentu saja berkaitan dengan penghematan yang harus dilakukan, (Belanja cepat, belanja hemat, Belanja praktis).

Saat ini retail minimarket besar, Indomaret dan Alfamart terus menerus saling bersaing satu sama lain untuk merebut pasar. Dari data yang pernah kami analisa pun, rangking kedua nya tidak terlalu jauh berbeda. Walau belakangan ini banyak group lain juga mulai melirik bisnis minimarket di Indonesia, antara lain Yomart yang sudah berdiri 5 tahun terakhir di Indonesia dengan penetrasi di Jawa Barat, cukup pesat dalam pengejarannya, circle K, Starmart dari Dairy Farm Group, bahkan belakangan muncul group nya 7 Eleven dari Jepang yg katanya akan mulai membuka outletnya di tahun ini.

Lalu, apakah dengan bisnis Minimarket yang semakin menjamur ini setiap Group Retail besar harus membuat Brand minimarket nya masing-masing?...
Atau kah mereka yg mempunya basis Hypermarket dan Supermarket harus putar otak cari cara untuk menarik konsumen dengan cara yg unik??

Lagi-lagi, kalau sudah begitu konsumen tinggal tunggu saja… karena.. ini ujung-ujung nya konsumen yg menentukan… siapa yg jadi juara…..


By : FLorenZ

Tidak ada komentar: