Kamis, 31 Juli 2008

TreNd ProMosi

Inget tahun 2006 waktu semua promosi yang kita ajukan ke outlet mau nya Beli 2 extra 1, entah barang sejenis atau berhadiah produk lain.
BUY 2 GET 1, promosi ini emang sempet in di tahun 2006, dimulai dari Carrefour yang melakukan kerjasama dengan Unilever melakukan promosi besar-besaran. Apalagi Unilever sebagai produsen yang sebagian besar produk nya adalah market leader, sehingga promosi ini terasa amat berguna bagi konsumen. Menurut sumber yang dapat dipercaya kenaikan sales Unilever pada saat program ini growth hingga 600%.
Dengan kesuksesan ini Carrefour juga meminta support yang sama kepada supplier lain.

Atau ingatkah program Cash Back? dimulai tahun 2007, dan juga mulai dari peritel besar Carrefour. Pada waktu itu Carrefour bekerja sama dengan Citibank, dengan mekanisme konsumen pengguna kartu kredit Citibank mendapatkan cash back 20% untuk pembelian produk-produk di Carrefour, program ini luar biasa sangat diminati oleh konsumen, basket size konsumen dan pengunjung mbludak pada periode program.
Ibu-ibu sebagai pembelanja dominan sibuk untuk pinjam-meminjam kartu kredit citibank tersebut. Kesuksesan program ini ditiru oleh hampir semua peritel terutama dengan tipe Hypermarket, tentunya bekerja sama juga dengan bank lain dengan persentasi (%) cash back yang berbeda pula.

Nah apa yang in tahun 2008, sejauh ini sih mungkin juga dipengaruhi oleh krisis perekonomian dunia, menurut saya tidak terlalu signifikan seperti tahun lalu. Namun bukannya tidak ada, promosi yang cukup banyak tahun ini adalah PURCHASE WITH PURCHASE, dan tentunya dimulai dari Carrefour. Giant mengikuti PEMBELIAN DENGAN PEMBELIAN, misalnya, produk A sebagai sponsor, maka cara promosi nya adalah konsumen dapat membeli dengan harga miring produk B, jika membeli produk A senilai IDR 50.000,- bagaimana dampaknya, menurut saya sendiri kalo sudah ada pengikut dan ikut-ikutan, berarti memang bawa keuntungan, seberapa?? Wah kalo itu saya harus analisa lagi. (foto kalo ada saya susulkan... kalo nda.. datang aja ke Hipermarket yang deket-deket rumah.. :p )

Intinya, semua program-program ini hampir sama saja. Saling ikut-ikutan, tapi hal ini memang bawa keunikan tersendiri terutama dunia ritel Indonesia. Dan jadi tradisi, kalo belum ngikut belum afdol. Tahun 2009 apa program apa lagi ?? kita tunggu saja...

-floreNz-


Data : AC Nielsen Shoppers Trend 2006, MD Modern Trade OT , Ibu Susana Juwono in her Presentation Slide.

Tidak ada komentar: