Rabu, 10 Desember 2008

Pemimpin

Banyak pertanyaan yang selalu muncul jika kita membahas mengenai leadership, apakah leadership ini bisa dibentuk, dipelajari atau merupakan bakat sesorang .
Suatu ketika seorang temen datang kepada saya dan berkata ” Apa yang kurang dari saya sehingga saya sering tidak diperlakukan dengan baik oleh bawahan saya padahal saya selalu memberikan support dan perlakukan mereka dengan baik” Hal ini kelihatan aneh sekali, dimana seorang pemimpin merasa dia diperlakukan kurang baik oleh bawahannya, sementara si pemimpin merasa dia berbuat sangat baik terhadap bawahannya. Apakah anda pernah alami juga hal ini ?

Kita kadang tidak sadar dengan hal ini , bahwa sebenarnya masalahnya adalah di cara kita memimpin ( leadership ). Kata – kata memimpin seakan akan sangat mudah kita denger dan lakukan tapi seorang leader sesungguhnya tidak terjadi dalam waktu sekejap mata atau dalam waktu hitungan hari. Seorang leader harus melalui tahapan atau proses yang terus menerus dan belajat terus menerus .

Seorang leader selalu menjadi panutan atau dijadikan teladan oleh bawahan atau pengikut mereka ,dari proses ini baru leader akan mendapatkan respect dari pengikutnya atau bawahannya. Jadi jika ada seorang pemimpin yang binggung dengan apa yang dialami maka langkah pertama yang harus dilakukan si pemimpin adalah melakukan review terhadap dirinya dan belajar untuk terus menerus mengembangkan cara kepemimpinannya .

  1. Banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengembangkan kepemimpinana seseorang , misalnya :
  2. Banyak membaca dan mengembangkan wawasan untuk diri sendiri .
  3. Mengikuti seminar atau workshop kepemimpinan.
  4. Berkumpul dengan temen atau pemimpin yang lebih hebat sehingga aroma kepemimpinan akan terbentuk perlahan.
  5. Belajar menerima dan membuka diri untuk hal – hal baru dan masukkan .
  6. Belajar berkorban untuk pengikutnya .
  7. dan banyak hal lagi yang dapat dilakukan pemimpin untuk meningkatkan kepemimpinannya.

Menjadi pemimpin tidaklah semudah yang kita bayangkan, pemimpin menjadi sorotan, panutan dan harapan banyak pengikutnya . Michael J.H.


Author : Michael J.H
Edited : Florensia

Tidak ada komentar: