Rabu, 27 Agustus 2008

paper bag

Baru-baru ini Carrefour sebagai peritel internasional yang masuk di Indonesia mengadakan percontohan untuk menggantikan plastik blanja dengan kain blanja.

Tujuannya adalah tidak lain dan tidak bukan untuk mengurangi konsumsi plastik secara keseluruhan dan menurunkan itu yang namanya "GLOBAL WARMING"

Untuk tahap awal Carrefour, mensosialisasikan plastic bag yang lebih tebal dengan harga IDR 2000. Dengan asumsi konsumen akan ditawarkan plastik bag ini waktu melakukan transaksi di kassa. Lalu diingatkan akan efek global warming.

Bahkan diadakan uji coba di salah satu Carrefour di Bandung, yaitu Carrefour cabang Braga City Walk, menggunakan Tas blanja dari kain, yang dijual dengan harga IDR 10.000,- mekanisme nya adalah pengunjung Carrefour tidak diberi plastik, diharuskan membeli Bag dari kain ini, kemudian setiap blanja harus bawa Bag ini..

Alhasil menurut pihak Carrefour banyak konsumen yang marah-marah, dan terjadi penurunan konsumen di Carrefour Braga ini. Maka dari itu pihak Carrefour tidak berani untuk melanjutkan rencananya.

Menurut saya pribadi, apa yang dilakukan oleh peritel carrefour ini sebenarnya sudah sangat tepat, hanya saja kurang mendapatkan dukungan. Mengapa? ini karena tingkat kesadaran masyarakat terhadap "Global Warming" sangat rendah, dan untuk ganti menggunakan Bag kain itu perlu spend uang lebih lagi. Maka dari itu, untuk melakukan secara menyeluruh harus digalakkan secara serempak, di semua outlet modern trade, dan diatur dengan undang-undang tertentu. Yah, seperti dulu saja ketika pertama kali diberlakukan harus menggunakan sabuk pengaman untuk pengemudi kendaraan. Awal nya susah sekali terlaksana, tapi ketika ada keluar peraturan tertentu mau tidak mau akhirnya sekarang sudah berjalan baik, dan semua sudah sadar bahwa wajib dan aman menggunakan sabuk pengaman.

-FlorenZ-

Tidak ada komentar: